Nama : Nur Handayani
No.abs : 13
II.A.I. | Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan dan kelincahan. | |
Indikator : | ||
TPP.II.I.I. | Mengurus dirinya sendiri misal : makan, menyisir rambut, mencuci, dan melap tangan, menggosok/ membersihkan sepatu dan mengikat tali. | |
TPP.II.1.2. | Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdougt/ tanah liat. | |
TPP.II.1.3. | Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran. | |
TPP.II.1.4. | Meniru melipat kertas sederhana (1-6 lipatan) | |
TPP.II.1.5. | Menjahit jelujur dari 5-10 lobang dengan tali sepatu | |
TPP.II.1.6. | Menggunting bebas. | |
TPP.II.1.7. | Merobek bebas. | |
TPP.II.1.8. | Merekat / menempel. | |
TPP.II.1.9. | Menyusun balok dengan berbagai ukuran menjadi bentuk tertentu. | |
II.1.10. | Membuat lingkaran, segitiga, segiempat. | |
II.1.11. | Memegang pensil dengan benar. | |
II.1.12. | Meronce dengan manik-manik. | |
| ||
TPP.II.B.7. | Mengekspresikan diri melalui gerakan secara detail. | |
Indikator : | ||
II.B.7.1. | Berjalan keberbagai arah dengan berbagai cara, misalnya: “ berjalan maju, diatas garis lurus, berjalan diatas papan titian berjalan kedepan dengan tumit, berjalan kedepan jinjit (angkat tumit), berjalan mundur.” | |
II.B.7.2. | Melompat keberbagai arah dengan satu atau dua kaki. | |
II.B.7.3. | Meloncat dari ketinggian 30-50 m. | |
II.B.7.4. | Memanjat, bergantung dan berayun. | |
II.B.7.5. | Berlari kemudian melompat dengan seimbang tanpa jatuh. | |
II.B.7.6. | Berlari dengan berbagai variasi (menyamping, kedepan, kebelakang. | |
II.B.7.7. | Merayap dengan berbagai variasi. | |
II.B.7.8. | Merangkak dengan berbagai variasi. | |
TPP.IIc2. | Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran 3 (variasi) | |
Indikator : | ||
TPP.IIc2.1. | Mengelompokkan macam-macam benda yang mempunyai bentuk yang sama : segitiga, lingkaran, segi empat. | |
IIc2.2. | Mengambil dan mengelompokkan benda (bola-bola kecil) sesuai dengan warna masing-masing. | |
IIc.3. | Menunjuk gambar mulai yang terkecil sampai yang terbesar dan sebaliknya dari yang terbesar sampai yang terkecil. | |
| ||
TPP.IV.B.2. | Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama. | |
Indikator : | ||
TPPIV.B.2.1. | Membedakan kata-kata yang memiliki, suku kata awal yang sama misal : nama yang sama (sari, sati, sami, saji). | |
IV.B.2.2. | Menyebutkan kata-kata yang memiliki suku kata akhir yang sama, misal nama orang (rama, salma, rima, dll). | |
IV.B.2.3. | Mengelompokkan dengan memberi tanda yang berbeda kata-kata yang memiliki suku kat awal/ akhir. | |
IV.B.2.4. | Membedakan kata-kata yang memiliki suku kata awal / akhir yang sama. | |
| ||
TPP.V.1. | Bersifat kooperatif dengan teman. | |
Indikator : | ||
V.1.1. | Mau berbagi makanan dengan teman. | |
V.1.2. | Mau bekerja sama merapikan mainan dengan teman. | |
V.1.3. | Bersedia bermain dengan teman sebaya. | |
V.1.4. | Senang bermain dengan teman / tidak menyendiri. | |
V.1.5. | Dapat menerima kritikan dari teman. | |
V.1.6. | Mau memuji teman. | |
V.1.7. | Mau mengungkapkan pendapat secara sederhana. | |
Nama : Enik Kusmiatin
Absen : 09
Semester : II
No. TPP : 4, 15, 26, 37, 48, 59
TPP.1.4. | Membedakan perilaku baik dan buruk. |
4.1. | Menyebutkan mana yang baik dan salah pada suatu persoalan. |
4.2. | Menunjukan terbuatan-perbuatan yang benar dan salah. |
4.3. | Memberi dan membalas salam. |
4.4. | Mengucapkan terima kasih, meminta maaf. |
4.5. | Berbicara dengan suara yang lembut dan tidak berteriak. |
| |
TPP.II.B.4. | Menggunakan alat tulis dengan benar. |
II.B.1. | Memegang pensil dengan benar ( antara ibu jari dan 2 jari ). |
II.B.2. | Meniru membuat garis tegak, datar, miring, kengkung, dan lingkaran. |
II.B.3. | Mewarnai gambar sesukanya. |
II.B.4. | Memegang krayon / pensil yang berdiameter lebar. |
II.B.5. | Membuat lingkaran dan bujur sangkar dengan rapi. |
| |
TPP.III.A.5. | Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan ( seperti ayo kita bermain pura-pura seperti burung ). |
III.A.1. | Mengajak anak untuk bermain peran. |
III.A.2. | Bercerita dengan sandiwara boneka. |
III.A.3. | Bercerita dengan papan panel. |
III.A.4. | Bercerita dengan gambar seri. |
III.A.5. | Membacakan cerita ( story reading ). |
| |
TPP.IV.A.2. | Mengulang kalimat yang lebih kompleks. |
IV.A.1. | Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, tanggal dan bulan kelahirannya, alamat rumah dengan lengkap. |
IV.A.2. | Menceritakan pengalaman / kejadian secara sederhana dengan urut. |
IV.A.3. | Menerima pesan sederhana dan menyampaikan pesan tersebut. |
IV.A.4. | Menjawab pertanyaan sederhana . |
IV.A.5. | Berbicara lancar dengan menggunakan kalimat yang lengkap terdiri atas 5 – 6 kata. |
| |
TPP.IV.C.4. | Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf. |
IV.C.1. | Membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beerapa coretan / tulisan yang sudah berbentuk huruf / kata. |
IV.C.2. | Bercerita tentang gambar yang disediakan / dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas. |
IV.C.3. | Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4-6 gambar). |
IV.C.4. | Membaca buku cerita bergambar dan menceritakannya ( story mading). |
IV.C.5. | Membaca beberapa kata berdasarkan gambar, huruf- huruf lambangyang dikenal atau dilihatnya. |
| |
TPP.V.9. | Menghargai keunggulan orang. |
V.1. | Mau memuji teman / orang lain. |
V.2. | Tidak menertawakan hasil karya anak. |
V.3. | Selalu memuji hasil karya anak. |
V.4. | Barikan dukungan dan pujian saat berhasil. |
V.5. | Memberikan penghargaan. |
Nama : Dewi Noornaimah
No.absen : 04
TPP : 1. 12. 23. 34. 45.56.
TPP.1.1. | Mengenal agama yang di anut. |
1.1.1. | Membiasakan berdo’a. |
1.1.2. | Menirukan gerakan beribadah dengan tertib. |
1.1.3. | Mengikuti nyanyian lagu keagamaan. |
1.1.4. | Memberi dan menjawab salam. |
1.1.5. | Mengenal / memahami sifat-sifat tuhan. |
| |
TPP.II.B.1. | Menggambar sesuai gagasannya. |
II.B.1. | Menggambar orang secara sederhana. |
II.B.2. | Menggambar alat transportasi / ken daraan. |
II.B.3. | Menggambar hewan. |
II.B.4. | Menggambar bunga. |
II.B.5. | Menggambar alam sekitar. |
| |
TPP.III.A.2. | Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki (seperti : apa yang terjadi ketika air di tumpahkan). |
III.A.1. | Menuangkan pasir ke dalam gelas. |
III.A.2. | Mengumpulkan biji-bijian untuk di masukkan kedalam botol. |
III.A.3. | Permainan pasir dengan menggunakan cetakan yang berbentuk segitiga,dll. |
III.A.4. | Mencipta bunyi-bunyian dengan tutup gelas, sandal, dll. |
III.A.5. | Mencampurkan warna merah dan kuning menjadi orange. |
| |
TPP.III.C.2. | Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. |
III.C.1. | Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda - benda 1 -10. |
III.C.2. | Membilang dengan menunjukkan benda yang bertuliskan angka 1 -10. |
III.C.3. | Menyebutkan urutan bilangan dari 1 - 20. |
III.C.4. | Membuat urutan bilangan 1 – 10 dengan benda-benda. |
III.C.5. | Menghitung jenis tanaman buah dari plastik dengan jumlah hitungan 1 – 10. |
| |
TPP.VI.C.1. | Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal. |
VI.C.1. | Menyebutkan nama-nama benda di sekitarnya. |
VI.C.2. | Mengenal abjad sambil bernyanyi. |
VI.C.3. | Mengenal bentuk abjad. |
VI.C.4. | Menunjukkan gambar-gambar yang ada tulisan atau simbol-simbol huruf. |
VI.C.5. | Mengeja/ menyebut huruf yang ada. |
| |
TPP.V.6. | Menunjukkan rasa empati. |
V.1 | Terbiasa berbagi dengan teman. |
V.2 | Meminta tolong dengan baik. |
V.3 | Mau menolong dan nmemberi maaf. |
V.4 | Sabar menunggu giliran. |
V.5 | Mengerti akibat jika melakukan kesalahan/melanggar aturan. |
Nama : Suprapti
No.absen : 23
II.A.4. | Terampil menggunakan tangan kiri dan kanan. |
II.A.4.1. | Menangkap dan melempar bola. |
II.A.4.2. | Menuang air, biji-bijian tanpa tumpah. |
II.A.4.3 | Melipat kertas sampai menjadi suatu bentuk. |
II.A.4.4. | Memedakan permukaan benda melalui perabaan. |
II.A.4.5 | Menggunting dan menempel mengikuti bentuk. |
| |
II.C.3 | Memiliki kesesuaian antara tinggidengan berat badan. |
II.C.3.1. | Makan sayur dan buah. |
II.C.3.2. | Memasak makanan dengan gizi seimbang. |
II.C.3.3. | Pemberian kapsul vitamin A warna merah 2x pertahun. |
| |
III.B.5 | Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya. |
III.B.5.1 | Mengurutkan angka 1 – 10 yang diacak. |
III.B.5.2 | Menyebut ukuran baju. |
| |
IV.B.5. | Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide orang lain. |
IV.B.5.1. | Mengajukan pertanyaan lebih banyak. |
IV.B.5.2. | Mintalah dibacakan puisi atau sajak. |
| |
V.4 | Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat. |
V.4.1. | Memberi dan menjawab salam. |
V.4.2. | Mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu. |
V.4.3. | Menunggu giliran dengan sabar. |
Nama : Dwi Maryani
No. : 2, 13, 24, 35, 46, 57.
2 | TPP.I.2 | Membiasakan diri beribadah. | |
| I.2.1 | Membiasakan diri tiap hari berdo’a. | |
| I.2.2 | Setiap akan mulai belajar dan setelah belajar berdo’a. | |
| I.2.3 | Mengenal rukun islam dan rukun iman. | |
| I.2.4 | Mengenal alam sekitar ciptaan tuhan. | |
| I.2.5 | Mengenal surat-surat pendek. | |
| I.2.6 | Menghafal al - fatekhah | |
| I.2.7 | Menirukan gerakan ibadah. | |
| |||
13 | TPP II.B.2 | Meniru bentuk | |
| II.B.2.1 | Mengenal bentuk (lingkaran,bujur sangkar, segitiga). | |
| II.B.2.2 | Membuat bentuk dengan plestisin. | |
| II.B.2.3 | Menggambar bebas sesuai tema misalnya (lingkaran, kotak). | |
| |||
24 | TPP III.A.3 | Menyusun perencanaan kegiatan. | |
| III.A.3.1 | Menyanyi tentang hari-hari. | |
| III.A.3.2 | Menanyakan kegiatan hari ini. | |
| III.A.3.3 | Menyampaikan kegiatan besuk. | |
| III.A.3.4 | Memberi pekerjaan rumah. | |
| III.A.3.5 | Memberi jadwal pelajaran. | |
| III.A.3.6 | Membawa peralatan untuk kegiatan besuk. | |
| |||
35 | TPP III.C.3 | Mengenal berbagai macam lambang hruf vokal dan konsonan. | |
| III.C.3.1 | Menyanyi tentang abjad. | |
| III.C.3.2 | Mengenal abjad. | |
| III.C.3.3 | Mengenal garis lurus, lengkung, miring, datar. | |
| III.C.3.4 | Mengenal huruf vokal dan konsonan. | |
| III.C.3.5 | Menebalkan huruf vokal dan konsonan. | |
46 | TPP.IV.C.2 | Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitar. | |
| IV.C.2.1 | Mengenal ciptaan tuhan dan manusia. | |
| IV.C.2.2 | Mengenal anggota tubuh (pancaindra). | |
| IV.C.2.3 | Mengenal nama benda-benda didalam kelas. | |
| IV.C.2.4 | Menunjukkan benda atau gambar yang ada tulisan sesuai gambar. | |
| IV.C.2.5 | Mengeja huruf yang ada. | |
| IV.C.2.6 | Menyebut huruf yang diawal / pertama. | |
| |||
57 | TPP.V.7 | Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah). | |
| V.7.1 | Setiap akan masuk kelas baris dulu (berlatih disiplin). | |
| V.7.2 | Dalam menyiapkan bergantian. | |
| V.7.3 | Berlatihan menjadi ketua kelas. | |
| V.7.4 | Bertepuk tangan memberi suport pada anak apabila melakukan kesalahan. | |
| V.7.5 | Melakukan kegiatan misal menyanyi / melakukan sesuatu didepan guru dan teman. | |
Nama : Riska K.D.
No : 16
TPP
IIA.2. | Melakukan koordinasi gerakan kaki tangan kepala dalam menirukan tarian atau senam. |
IIA.2.1. | Membariskan peserta didik. |
IIA.2.2. | Melatih olahraga / menirukan gerakan dalam nyanyian. |
IIA.2.3. | Memberi contoh gerakan, tangan dipinggang, menganggukkan kepala, merentangkan kedua tangan, mengangkat kaki secara bergantian kebelakang seperti pesawat terbang. |
TPP | |
IIC.3. | Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan. |
IIC.3.1. | Mengukur tinggi badan. |
IIC.3.2. | Menimbang berat badan. |
IIC.3.3. | Melakukan DDTK (deteksi dini tumbuh kembang anak). |
IIC.3.4. | Memebri asupan makanan bergizi dan vitamin. |
TPP | |
IIIB.2 | Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran (3 variasi). |
IIIB.2.1. | Memperkenalkan warna kepada anak serta mengelompokkan warna yang mencolok. |
IIIB.2.2. | Memperkenalkan bentuk lingkaran, persegi, segitiga serta bentuk dari macam buah-buahan. |
IIIB.2.3. | Membedakan ukuran (besar,kecil). (banyak, sedikit). |
TPP | |
IVB.3. | Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca menulis dan berhitung. |
IVB.3.1. | Mengajarkan anak memperkenalkan diri maju kedepan satu-satu secara bergantian. |
IVB.3.2. | Memperkenalkn huruf abjad kepada anak. |
IVB.3.3. | Memperkenalkan simbol-simbol kepada anak. |
IVB.3.4. | Memperkenalkan angka kepada anak. |
IVB.3.5. | Mengajarkan anak meletakkan posisi buku apabila akan menulis. |
IVB.3.6. | Mengajarkan kepada anak cara memegang pensil. |
TPP | |
V.2. | Sosial emosional,menunjukkan sikap toleran. |
V.2.1. | Mengajarkan sikap tolong-menolong saling membantu antar teman. |
V.2.2. | Membentuk kelompok dalam permainan |
V.2.3. | Meminjamkan pensil kepada teman / mau berbagai dengan teman. |
V.2.4. | Mengajak anak didik menjenguk teman yang sakit. |
Nama : Sri Winarsih
No : 22
TPP.II.A.3. | Melakukan permainan fisik dengan aturan. |
II.A.3.1. | Melompat-lompat dengan kaki bergantian. |
II.A.3.2. | Melompat mundur dua hingga lima lompatan berturut-turut. |
II.A.3.3. | Menangkap bola yang dilemparkan ndengan satu tangan. |
II.A.3.4. | Melempar bola yang dipantulkan dan dilemparkan dengan kedua tangan. |
II.A.3.5. | Melempar bola dengan benar |
| |
TPP.II.C.2. | Memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan. |
II.C.2.1 | Menggerakan jari-jari. |
II.C.2.2 | Melompat mundur dua hingga sepuluh lompatan berturut-turut. |
II.C.2.3 | Menendang bola dengan benar. |
II.C.2.4 | Melakukan gerakan senam dengan benar. |
| |
TPP.III.B.4. | Mengenal pola ABCD – ABCD. |
III.B.4.1. | Menyebutkan pola AB – AB |
III.B.4.2. | Menyebutkan pola BA – BA. |
III.B.4.3. | Menyebutkan pola ABC – ABC. |
III.B.4.5. | Menyebutkan pola ACD – ACD. |
| |
TPP.IV.B.4 | Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat – predikat – keterangan). |
IV.B.4.1. | Menyebutkan nama dan alamat yang lengkap. |
IV.B.4.2. | Menyebutkan nama orang tuanya dan tempat lahirnya. |
IV.B.4.3 | Menyebutkan masjid beserta kegunaannya. |
| |
TPP.V.3 | Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedikit- antusias, dsb). |
V.3.1. | Memperkenalkan mainan baru kepada teman. |
V.3.2. | Memperkenalkan teman baru. |
V.3.3. | Melihat temannya jatuh. |
V.3.4. | Menggambar sesuai dengan keinginan. |
Asslmkm wr wb
BalasHapusAlhamdulillah blognya dah bagus sekali, lanjutkan !!!!!!!!
Haryono Ngawi